Gelar Sastra boemipoetra di TBJT Solo

Saturday, 23 March 2013

Hadir pada gelar sastra boemipoetra di Teater Arena TBS Solo. Diskusinya seru. Dan asyiknya bisa bawa pulang buku boemipoetra + ttd Saut Situmorang, Katrin Bandel dan pak Wowok. Foto sama simbah Hardho dan bu Sus.

Sakitnya semoga lekas sembuh mbah. Nuwun wejanganipun.

Acara diskusi ini merupakan peluncuran 5 tahun jurnal sastra boemipoetra berkiprah di tanah air. Deklarasi Hari Sastra Indonesia versi boemipoetra oleh pak Wowok Hesti Prabowo;


1. Menolak hari sastra Indonesia yang berdasarkan tanggal lahir Abdul Moeis, yang digagas Taufiq Ismail dkk, karena pengarang Abdul Moeis adalah anak dari Balai Pustaka yakni institusi penerbitan pemerintah kolonial Belanda.
2. Untuk itu, kami dari Jurnal Sastra boemipoetra beserta simpatisannya mendeklarasikan Hari Sastra Indonesia jatuh pada tanggal 6 Februari. Pemilihan tanggal ini berdasarkan tanggal lahir sastrawan terbesar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer, yaitu pada tanggal 6 Februari 1925.
Pramoedya Ananta Toer adalah salah seorang sastrawan Indonesia yang karya-karyanya mengandung semangat kebangsaan Indonesia, anti kolonialisme, anti feodalisme dan bersifat kerakyatan. Selain itu, Pramoedya Ananta Toer juga satu-satunya sastrawan Indonesia yang berkali-kali dinominasikan sebagai pemenang Hadiah Nobel Sastra.
3. Kami mendeklarasikan Hari Sastra Indonesia ini sebagai penolakan atas gagasan Taufiq Ismail dkk yang tidak historis, tidak menggambarkan realitas sastra Indonesia yang sebenarnya dan ngawur!
4. Kami menghimbau kepada seluruh sastrawan Indonesia untuk juga menolak gagasan hari sastra Indonesia versi Taufiq Ismail dkk di atas.

22 Maret 2013
Taman Budaya Surakarta

Jurnal Sastra boemipoetra dan simpatisan.

Berita,
http://radarseni.com/2013/03/23/djoernal-boemipoetra-deklarasikan-hari-sastra-indonesia

Beli buku jurnal di sini.
Irwan Bajang (Moderator), Dr Suyitno dan Saut
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Foto oleh Wijang Wharek


Saya, simbah Hardho, Abednego dan bu Sus

0 Komentar:

Post a comment

Bila tertarik ingin berkomentar, memberi kritik maupun saran, silakan ketik komentar Anda di bawah ini.

Salam SABUDI (Sastra Budaya Indonesia)

 
 
 

Postingan Terbaru

Komentar Terbaru

Recent Comments Widget

Trafik

Total Dilihat

 
Kembali ke atas