Tigal Hal dalam Pencarian Ilmu

Sunday 2 June 2013

Ada tiga hal dalam perjalanan mencari pengalaman dalam belajar (mengais ilmu). Setidaknya menurutku sampai saat ini.

Pertama, luruskan niat
Niatkan diri dalam mencari ilmu. Niat yang kuat, niscaya ilmu mudah masuk. Pegang kuat-kuat niat dalam perjalanan mencari ilmu. Jangan sampai tergoda hal-hal yang menghalangi masuknya ilmu di kepala. Simpan erat ilmu itu di hati dan ingatan. Terus berdo'a agar dimudahkan memahami dan mengamalkannya. Pegang erat ilmu yang kau sukai, lainnya sebagai pengalaman dan pengetahuan.

Kedua, kesempatan
Setiap ada kesempatan, lakukan sesuai niat dan hati. Berangkatlah selagi kesempatan itu menghampirimu. Terlebih ada waktu dan biaya yang cukup, itu lebih memudahkan. Jika ada kesempatan meraih pengetahuan, mengapa tidak dilakukan?

Ketiga, kenekatan
Sungguh dibutuhkan sebuah kenekatan dalam melakukan perjalanan itu. Ketiadaan atau biaya yang minim jangan sampai membuat patah semangat dalam perburuan mencari ilmu. Yakinlah, ketika sampai pada orang-orang atau yang kau anggap guru, kau akan mendapatkan ilmu yang tak bisa dinilai dengan uang. Dan yakin pulalah, ketika niat tak terlaksana, insya Allaah ada jalan lain yang ditunjukkan oleh-Nya. Namun bila ilmu yang kau rasa tidak sesuai yang diharapkan, yakinlah kepada Allah swt. Karena Allah swt selalu saja memberi hikmah dalam setiap kejadian.

Semoga berkah!

Solo, 2 Juni 2013

*dari pengalaman pribadi

0 Komentar:

Post a Comment

Bila tertarik ingin berkomentar, memberi kritik maupun saran, silakan ketik komentar Anda di bawah ini.

Salam SABUDI (Sastra Budaya Indonesia)

 
 
 

Postingan Terbaru

Komentar Terbaru

Recent Comments Widget

Trafik

Total Dilihat

 
Kembali ke atas