Salah Satu Cara untuk Membuat Karya Cerpen atau Puisi

Tuesday 9 October 2012

Berikut adalah trik untuk menjadi mahir dalam penulisan cerpen. Ini berlaku juga untuk pembuatan puisi. Selamat mencoba.

Cara menulis cerpen agar menjadi karya besar sich bagaimana kak? Demikian sebuah pertanyaan yang diajukan oleh salah satu pembaca blog ini. Cara menulis cerpen sebenarnya gampang kalau kita menganggap gampang dan menulis cerpen akan menjadi rumit kalau kita berpikir bahwa membuat cerpen itu sulit. Agar cerpen yang kita tulis menjadi karya besar, yang banyak dibaca orang dan mendapat perhatian maka tak ada aturannya. Langkah utama untuk menulis cerpen agar kelak bisa dikagumi dan dihargai sebagai karya besar adalah tak sulit sebenarnya. Kita sangat disarankan agar sering membaca cerpen yang telah ditulis oleh cerpenis yang punya reputasi tinggi. 

Kalau ingin ahli dibidang penulisan cerpen cinta, maka banyak banyaklah membaca cerpen tentang cinta. Jika punya minat besar untuk membuat cerpen bernuansa religi maka perdalam keyakinan dan kenalilah karya cerpenis cerpenis muslim. Tugas kita saat menelaah karya mereka adalah bukan untuk meniru, menjiplak,dan mengedit, tetapi kita sedang belajar memasukkan ruh dan rasa ke dalam cerpen yang kita tulis. 

Bukankah cerpen akan tidak berguna kalau ia tampak tak menghidupkan dan memberi pengalaman unik kepada pembaca? Jadi untuk membuat cerpen yang bisa menjadi karya terbaik tidaklah sulit, cukup membaca dan menelaah berbagai jenis cerpen yang telah ada sebelumnya. Dan yang paling penting adalah terus berlatih menulis cerpen, jangan pedulikan kritikan negatif, terima saran positif, dan biasakan untuk berbagi dengan rekan atau siapa saja yang kita anggap lebih ahli dalam dunia tulis menulis cerpen. Jangan berhenti untuk membuat cerpen, teruslah menulis cerpen agar kelak bisa menjadi salah satu cerpenis terbaik di Indonesia. Salam dan semangat selalu untuk menemukan berbagai cara menulis cerpen

0 Komentar:

Post a Comment

Bila tertarik ingin berkomentar, memberi kritik maupun saran, silakan ketik komentar Anda di bawah ini.

Salam SABUDI (Sastra Budaya Indonesia)

 
 
 

Postingan Terbaru

Komentar Terbaru

Recent Comments Widget

Trafik

Total Dilihat

 
Kembali ke atas