Usaha Penulis Lepas

Friday 25 May 2012

Kampanye peningkatan minat baca yang semakin gencar membuat bisnis penerbitan akhir-akhir ini terus berkembang. Makin banyak anggota masyarakat yang haus bacaan sehingga para penerbit terdorong untuk melayani pasar yang masih besar ini. Untuk memproduksi buku tentunya dibutuhkan orang-orang dengan ketrampilan menulis yang memadai dan hasil tulisannya layak terbit.

Bagi Anda yang berbakat atau berminat menjadi penulis lepas, hal ini bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menggiurkan. Dengan menjadi kontributor atau penulis lepas bagi sebuah usaha penerbitan yang lebih besar, Anda bisa mulai mengandalkan keahlian ini sebagai sandaran hidup. Inilah langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk menjadi penulis lepas.

Langkah-langkah persiapan: 

1. Perluas wawasan dan gaya menulis dengan membaca lebih banyak.
2. Miliki peralatan yang dibutuhkan, yaitu buku, laptop atau komputer, mesin cetak.
3. Miliki sarananya, misalnya sambungan Internet. Kini penulis lepas lebih banyak diuntungkan dengan kehadiran internet dan teknologi yang semakin canggih karena komunikasi dan biaya (misalnya biaya, tenaga, dan waktu kirim mengirim naskah) bisa dipangkas. Internet juga menjadi perpustakaan bagi penulis yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.
4. Sisihkan waktu dan tempat yang nyaman untuk menemukan dan mengembangkan topik tulisan. Tidak perlu menulis secara maraton, tetapi bisa dibagi menjadi beberapa jam diselingi istirahat.
5. Lakukan wawancara dengan narasumber jika diperlukan.
6. Terus perkaya diri dengan makin banyak membaca.

Langkah-langkah pelaksanaan:

 1. Terus memperbaiki kualitas tulisan dan mengasahnya dengan menulis setiap hari.
2. Tentukan ragam bahasa yang akan digunakan dalam tulisan. Seperti berpidato, kita harus menggunakan nada yang tepat dalam menyapa hadirin, dalam hal ini pembaca tulisan.
3. Tulis tentang bidang-bidang yang Anda kuasai.
4. Miliki daftar alamat kontak penerbit/ media massa yang fokusnya relevan dengan tema tulisan Anda.
5. Minta orang terdekat untuk membaca dan memberikan pendapat objektif tentang mutu tulisan kita. Atau untuk lebih akurat lagi, berkonsultasi pada penulis yang lebih  senior.
6. Kirimkan hasil tulisan ke media massa atau penerbit.

Langkah-langkah marketing:

1. Kirimkan tulisan langsung ke media massa yang relevan dengan tema tulisan Anda. Mengirimkan naskah dengan tema seni kontemporer ke majalah berkebun tentunya tidak tepat.
2. Datanglah dan serahkan tulisan secara langsung ke kantor penerbit atau media massa yang visi dan misinya sesuai dengan tulisan Anda.

Tantangan:

1. Tenaga dan waktu untuk memasarkan tulisan kurang. Mendatangi secara langsung kadang menghabiskan tenaga dan waktu, apalagi jika belum bisa dimuat.
2. Plagiatisme adalah masalah serius dalam dunia penerbitan. Untuk itu diperlukan kejelian agar karya tidak menjadi sasaran empuk plagiator.
3. Diperlukan waktu tersendiri dan konsentrasi yang tinggi dalam menyelesaikan tulisan. Jika Anda memiliki banyak kegiatan selain menulis, maka ini akan menjadi tantangan terberat Anda. 

0 Komentar:

Post a Comment

Bila tertarik ingin berkomentar, memberi kritik maupun saran, silakan ketik komentar Anda di bawah ini.

Salam SABUDI (Sastra Budaya Indonesia)

 
 
 

Postingan Terbaru

Komentar Terbaru

Recent Comments Widget

Trafik

Total Dilihat

 
Kembali ke atas